Kamis, 12 November 2009

Dana Darurat

. Kamis, 12 November 2009

Jika kita bertanya Mengapa orang bekerja..? maka semua orang pasti menjawab “untuk memenuhi kebutuhan dasar Makan, Pakaian dan Rumah, setelah itu barulah sebagian disisihkan untuk Menabung. Menurut survey ada 2 tipe orang dalam membelanjakan uangnya : Tipe yang pertama NABUNG dulu baru BELANJA, Tipe yang kedua BELANJA DULU baru NABUNG.
Anda termasuk tipe yang mana..? jika anda termasuk tipe yang pertama saya mengucapkan “Selamat kepada anda” karena tipe ini yang di anjurkan, bukankah sejak kecil kita diwajibkan untuk menabung..! BENAR…?
Namun sebagian besar hasil survey juga membuktikan bahwa tidak sedikit orang tipe kedua, belanja keperluan lebih dahulu baru kemudian menabung sisanya (kalau ada), sehingga bagaimanapun hasil tabungan dari 2 tipe ini pasti beda.
Untuk Apa kita diwajibkan menabung…? mungkin jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat beragam sekali namun secara garis besar Pada umumnya tujuan menabung adalah Untuk :
• Investasi atau persiapan dana pensiun,
• Dana Pendidikan Anak,
• Dana Darurat atau persiapan kalau ada hal yang terjadi tiba2.

Jika kita gambarkan sebuah garis kehidupan selalu dimulai dari :
• titik 0 (nol) thn; yaitu diawali dengan kelahiran,
• 0 - 24 thn; yaitu proses belajar (pendidikan),
• Usia 25 - 55thn (30 tahun) bekerja atau massa Produktif,
• Usia 55thn pensiun,
• orang indonesia memiliki harapan hidup sampai dengan usia 99thn.
• Asumsi rata-rata orang indonesia meninggal di usia 75thn jadi sejak mulai usia 55 sd 75th (selama 20 tahun) adalah masa untuk menghabiskan uang/tabungan. Tentunya tidak sedikit dana yg harus di habiskan untuk bertahan hidup selama 20thn.
• jadi uang yang kita kumpulkan selama 30th (usia 25-55) harus kita pakai selama 50th yaitu selama masa produktif (30) + masa pensiun (20) = 50 thn…..
• apakah anda sudah pernah memperhitungkannya? sudah siapkah anda dengan tabungan anda? pernahkah anda memikirkannya?
Ada 3 masalah pada diri manusia yaitu :
1. Hidup terlalu panjang, setelah pension membutuhkan banyak dana untuk meneruskan hidup dengan layak….pasti anda ingin pada saat pensiun paling tidak tetap stabil kehidupannya kalo bisa malah naik dan tidak turun”
2. Hidup terlalu pendek, “Takdir Allah SWT mungkin saja menetapkan meninggal pada saat usia produktif, apakah kita sudah siapkan dana pendidikan anak? Atau santunan biaya hidup untuk anak2 dan istri kita agar mereka dapat tetap hidup dengan layak (sebagaimana ketika kita masih ada…) semoga kita sudah memperhitungkan dengan matang hal ini….sehingga tujuan menabung tetap tercapai..?”
3. Sakit Berkepanjangan, “Misalnya usia 45 mengalami salah satu dari 34 penyakit kritis, maka hal ini pasti akan mempengaruhi pertumbuhan income/pendapatan kita bahkah bisa kehilangan income. Semoga kita juga sudah mengantisipasi hal ini….banyak orang yang belum memikirkan hal ini.”
Saya hanya mengingatkan bahwa usia produktif kita cuma 30th, padahal kita pakai selama 50th (ini jika kita hidup sampai usia 75th), Jadi untuk mengatasi keadaan itu kita harus menabung mulai dari sekarang untuk biaya hidup kita 20th lagi.
Saatnya kita menganalisa beberapa cara yang umum untuk menabung yaitu:

KALAU KITA MENABUNG DI REKENING BANK BIASA
1. “Bulan pertama kita menabung 1 juta”
2. “Bulan kedua kita Menabung 1 juta”
3. “Bulan ketiga kita menabung 1 juta”
4. “Misal di Bulan ke empat kita dirawat Inap karena sesuatu penyakit yang diujikan Allah pada kita, kita butuh biaya Rumah Sakit 10 juta….. ”Apa yang BANK bisa berikan…? Tidak ada kan…!!! malah tabungan kita terkuras habis.
Bagaimana kalu terjadi sakit KRITIS (Stroke, jantung, kanker, Tumor, ginjal dll…. Nau’dzubillahi min zaliik..) apa yang kita dapatkan dari BANK..? Bagaimana kalau meninggal di usia MUDA …? apa jadinya nasib Keluarga anda..?
5. BANK tidak bisa memberi jaminan untuk masa depan anda. Jadi…. menabung di bank bukan solusi jika kita ingin merencanakan dana untuk masa depan.
6. Bank hanya cocok untuk Tabungan sementara atau tabungan jangka pendek.

KALAU KITA MENABUNG DI BANK dengan tambahan ASURANSI
1. “Bulan pertama kita menabung 1 juta”
2. “Bulan kedua kita Menabung 1 juta”
3. “Bulan ketiga kita menabung 1 juta”
4. “Misal Bulan ke empat kita dirawat di Rumah Sakit, Dokter dan perawat minta di sediakan dana 100juta… misalnya”
5. “Asuransi mungkin akan mengeluarkan uang 100juta, jika programnya memang ada?” tapi selama ini saya tahu belum ada Bank + asuransi yang menjamin biaya kesehatan/perawatan dirumah sakit
6. Asuransi pada Bank pada umumnya adalah kontrak misalnya untuk jangka waktu 10th, jika kita sakit kritis… maka sesudah sakit kritis tersebut nasabah tetap harus membayar preminya sampai akhir kontrak. Padahal kemungkinan sesudah kita sakit kritis pastilah produktifitas kita menurun !!!
7. Bagaimana kita bisa membayar premi selanjutnya..? Berat BUKAN..??? Jadi menabung di Bank dengan tambahan asuransi juga bukan Solusi yang tepat..!!!

BERIKUT ADALAH PROGRAM UNGGULAN YANG MERUPAKAN SOLUSI UNTUK KETIGA MASALAH HIDUP DI ATAS, YAITU PROGRAM PRULINK ASURANCE ACCOUNT (PAA) PRUDENTIAL.
1. “Bulan pertama sama dengan kedua rekening di atas kita menabung 1 juta”
2. “Bulan kedua kita menabung 1 juta
3. “Bulan ketiga kita menabung 1 juta
4. “Misal di Bulan keempat kita mengalami sakit kritis sehingga dirawat di Rumah Sakit, walaupun Dokter dan perawat minta di sediakan dana 100juta…. maka kita otomatis mendapat fasilitas berobat dan rawat inap di Rumah Sakit dengan GRATIS… ada dana yang disediakan oleh Prudential untuk sakit kritis sesuai kontrak yang kita kehendaki…
5. “Bulan kelima kita menabung 1 juta”
6. Jika di bulan keenam mengalami Sakit kritis (misal STROKE) maka rekening Dana Darurat ini akan segera Cair sehingga anda mendapatkan dana Segar alias CASH ke rekening anda sebesar 100 juta.
7. Karena bulan keenam mengalami Sakit Kritis Sehingga keuangan kita terganggu bukan..??? terus bagaimana Masih harus menabung..?
8. Jangan CEMAS jika bulan ke-6 kita mengalami sakit kritis maka untuk bulan ke-7 dan seterusnya kita tidak perlu memikirkan untuk Menabung karena Rekening PAA akan mengambil alih Tugas menabung anda sampai dengan anda berusia 65th. Rekening anda akan terus di isi dana setiap bulan sebesar 1jt sesuai dengan jumlah yg harus anda tabung
9. Usia 55th atau saat pensiun tersedia dana 500 juta di rekening anda.
10. Usia 65th jika tidak di ambil tersedia dana 2 Milyar.
11. Menurut Anda rekening mana yang dapat mewujudkan impian anda di masa depan..?
12. Bagaima jika butir no. 4 tidak terjadi berarti anda tetap terus menabung sampai dengan kontrak yg telah di sepakati misal 10th.
13. Di akhir tahun ke-10 sudah tersedia dana kurang lebih 150 juta
14. sebagai dana cadangan pensiun anda.
15. untuk tahun ke-11 dan seterusnya STOP tabung saat ini uang anda telah bekerja secara agresif di dunia investasi untuk menghasilkan uang untuk anda jadi uang bekerja untuk anda bukan lagi anda yang bekerja untuk uang.

0 komentar:

 

© Copyright 2007-2008. Namablog.com . All rightsreserved | namablog.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com